Minggu, 02 Oktober 2011

apalah arti sebuah nama....

orang tua mana sih yang nggak mau nama terbaik buat anaknya, seorang ayah pasti udah sibuk buat nyiapin nama anaknya pas sang istri udah hamil tua. gue pernah baca buku yang isinya arti-arti nama gitu, buku yang sibuk di baca bokap gue pas nyokap gue hamil adek gue, sampe akhirnya adek gue pun lahir dan di kasih nama Fildzah Ghaisani yang kata bokap gue artinya adalah pujaan hati yang cantik jelita, ya seinget gue sih gitu.

oke oke sebenernya bukan nama adek gue yang mau gue ceritain disini, tapi nama gue, yap nama gue di akte kelahiran dan ktp gue emang Pia Andarani. dulu waktu SD, guru gue nyuruh gue dan temen-temen gue buat maju ke depan dan jelasin arti nama, dan gue sempet bingung gue nggak tau harus jawab apa karena temen-temen gue punya arti nama yang keren keren. Dulu mungkin gue nggak bisa jelasin apa arti nama gue, tapi sekarang gue bisa sangat jelas ngejelasin apa arti nama gue..



inget kue yang lo beli kalo lo ke jogja? yang dalem nya ada yang isi kacang ijo coklat dan sebagainya, sebenernya nama gue sama sekali nggak ada hubungan
nya sama kue itu, bokap gue ngasih nama gue Pia bukan karena nyokap gue ngidam bak pia patok atau karena waktu lahir muka gue bulet kayak bak pia. Fyi, itu sama sekali bukan alesan nya.



Pia Alisjahbana, mungkin nama ini asing buat anak-anak seumuran gue, tapi nama itu lah yang jadi inspirasi bokap ngasih gue nama Pia. Dia adalah salah satu tokoh pers dan dosen, nama aslinya itu Suftalatifah Alisjahbana, lahir di Bondowoso, 26 Juli 1933. oke nama nya mungkin boleh asing dan bisa jadi lo nggak pernah denger, tapi gue yakin lo pasti pernah baca majalah Femina atau majalah Gadis, Pia Alisjahbana adalah salah satu pendiri majalah Femina tahun 1972 dan setahun kemudian Dia mendirikan majalah gadis. dari artikel -artikel yang gue baca tentang Dia, gue tau dia perempuan yang pintar,mandiri dan berpendidikan.

gue sangat bangga dengan nama yang gue punya saat ini, paling nggak gue tahu bokap gue berharap gue bisa seperti Dia. mungkin emang bener, apalah arti sebuah nama, tapi dengan lo tau arti nama lo atau asal muasal nama lo itu bisa lo jadiin semangat buat mewujudkan arti dari nama pemberian orang tua lo :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar